PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN GRESIK
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI I BENJENG
Jl. Raya Dermo No 5, Telp/Fax 7991096, GRESIK 61172
Web site : smpn I benjeng.wordpress.com/Email: benjengsatu@yahoo.co.id
PEMETAAN SK, KD, INDIKATOR DAN ASPEK PER SEMESTER
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : IX
Semester : Ganjil
Nomor | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Aspek | KKM | Nilai Karakter | |
Penguasaan Konsep | Penerapan | ||||||
1. | Al Qur’an Memahami ajaran Al Qur’an surat At Thin | 1.1. Membaca Qs .At Tin dengan tartil. | Siswa dapat : - Membaca Qs. At Tin dengan benar , Tartil dan lancar. - Menyalin Qs.At Tin dengan baik dan benar. - Menghafal Qs. AtTin dengan benar,fasih dan lancar. | V | V V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
1.2. Menyebutkan arti Qs. At Tin. | Siswa dapat : - Mengartikan Qs. At Tin setiap suku kata dengan benar. - Mengartikan Qs. At Tin setiap kalimat dengan benar. - Mengartikan Qs. At Tin setiap ayat dengan benar. | V V | V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
1.3. Menjelaskan makna Qs. At Tin. | Siswa dapat : - Menjelaskan makna yang terkandung dalam Qs. At Tin. - Menerapkan ajaran yang terkandung dalam Qs. At Tin dalam kehidupan sehari-hari. | V | V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
2. | AL HADITS Memahami ajaran Al Hadits tentang menuntut Ilmu. | 2.1. Membaca Hadits tentang menuntut Ilmu. | Siswa dapat : - Membaca Hadits tentang menuntut Ilmu dengan benar, fasih dan lancar. - Menyalin Hadits tentang menuntut Ilmu dengan baik dan benar. - Menghafal Hadits tentang menuntut Ilmu dengan benar , - - - fasih dan lancar | V | V V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
2.2. Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut Ilmu. | Siswa dapat : - Mengartikan Hadits tentang menuntut Ilmu setiap suku kata dengan benar. - Mengartikan Hadits tentang menuntut Ilmu setiap kalimat dengan benar. - Mengartikan Hadits tentang menuntut Ilmu secara keseluruhan. | V V | V | 70 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
2.3. Menyebutkan makna Hadits tentang menuntut Ilmu. | Siswa dapat : - Menjelaskan makna yang terkandung dalam. Hadits tentang menuntut Ilmu - Menerapkan ajaran yang terkandung dalam Hadits dalam kehidupan sehari-hari . | V | V | 80 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
3. | Aqidah. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir | 3.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir | Siswa dapat : - Menjelaskanpengertian hari qiyamat. - Menjelaskan peristiwa sesudah hari qiamat. - Menjelaskan fungsi beriman kepada hari qiyamat. - Menjelaskan balasan amal yang baik dan amal yang buruk. | V V V V | | 80 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
3.2. Menyebutkan ayat qur’an yang berkaitan dengan hari qiyamat. | Siswa dapat : - Menyebutkan Qs. Al Haj:7, Ar.Rahman: 26-27, Al Zalzalah: 6,7,8. Al. Anbiyak: 47. Al.Qoriah:1-11. Al Ghosiyah: 2-7. - Membaca Qs. Al Haj:7, Ar.Rahman: 26-27, Al Zalzalah: 6,7,8. Al. Anbiyak: 47. Al.Qoriah:1-11. Al Ghosiyah: 2-7. - Menghafal Qs. Al Haj:7, Ar.Rahman: 26-27, Al Zalzalah: 6,7,8. Al. Anbiyak: 47. Al.Qoriah:1-11. Al Ghosiyah: 2-7 | V | V V | 70 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
3.3. Menceritakan proses kejadian qiyamat sughro dankubro seperti yang terkandung dalam Al Qur’an dan Al Hadits. | Siswa dapat : - menjelaskan proses kejadian qiyamat sughro dan kubro. - Menunjukkan contoh mana yang termasuk qiyamat sughro dan qiyamat kubro. - Menunjukkan ayat Al Qur’a dan hadits yang berkaitan dengan peristiwa qiyamat suhgro dan kubro. | V V | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
4. | Akhlaq . Membiasakan perilaku terpuji . | 4.1. Mejelaskan pengertianQonaah dan Tasamuh . | Siswa dapat : - Menjelaskan pengertian Qonaah. - Menjelaskan pengertian Tasamuh (toleransi ) - Menunjukan, membaca,mengartikan dan menghafal dalil naqli tentang qonaah dan tasamuh | V V | V | 80 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
4.2. Menampilkan contoh perilaku Qonaah dan Tasamuh | Siswa dapat : - Menunjukkan contoh perilaku atau sikapQonaah. - Menunjukkan contoh perilaku atau sikap tasamuh. - Menjelaskan fungsi qonaah dan tasamuh | V V V | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
4.3. Membiasakan perilaku Qonaah dan Tasamuh dalam kehidupan sehari-hari. | Siswa dapat : - Mempraktekkan perilaku Qonaah dalam kehidupan sehari-hari. - Mempraktekkan perilaku Tasamuh dalam kehidupan sehari-hari. | | V V | 70 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
5. | Fiqih Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan. | 5.1. Menjelaskan tata cara penyembelihan hewan. | Siwa dapat : - Menyebutkan syarat orang yang sah menyembelih - Menyebutkan syarat binatang yang disembelih. - Menyebutkan syarat alat yang boleh digunakan untuk menyembelih hewan. - Menyebutkan sunnah dalam menyembelih hewan | V V V V | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
5.2. Menyebutkan ketentuan aqiqah dan kurban. | Siswa dapat : - Menjelaskan pengertian aqiqah dan kurban. - Menjelaskan hukum dan syarat aqiqoh dan kurban. - Menjelaskan ketentuan dan waktu aqiqah dan kurban. - Menyebutkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil aqiqah. - Menjelaskan fungsi aqiqoh dan kurban | V V V V V | V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
5.3. Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan kurban. | Siswa dapat : - Mempraktekkan cara memyembelih hewan aqiqah dan hewan kurban. | | V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
6. | Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah | 6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan Haji dan Umrah. | Siswa dapat : - Menjelaskan pengertian dan hukum Haji. - Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Haji. - Menyebutkan larangan-laranganm selama ibadah Haji. - Menjelaskan macam-macam cara mengerjakan Haji - Menunjukan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli Haji | V V V | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
Siswa dapat : - Menjelaskan pengertian dan hukum Unroh.. - Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Umroh.. - Menyebutkan larangan-larangan selama ibadah Umroh. - Menunjukan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli Haji | V V V | V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | |||
6.2 Memperagakan pelaksanaan Ibadah Haji dan Umroh. | Siswa dapat : - Memperagakan pelaksanaan Ibadah Haji. - Memperagakan pelaksanaan Ibadah Umroh. | | V V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
7. | Tarikh dan kebudayaan Islam. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara. | 7.1. Menceritakan sejarah masuknya Islam di nusantara melalui perdagangan, sosial dan pengajaran. | Siswa dapat: - Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan - Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial. - Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran. | V V V | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
7.2. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi. | Siswa dapat : - Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa. - Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra . - Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi . | V V V | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
Semester : Genap
Nomor | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Aspek | | KKM | Nilai Karakter |
Penguasaan Konsep | Penerapan | ||||||
8. | Al Qur’an Membaca Al Qur’an Surat Al Insyiroh. | 8.1. Menampilkan bacan Qs. Al Insyiroh dengan tartil dan benar. | Siswa dapat : - Membaca Qs. Al Insyiroh dgn benar, Tartil dan lancar - Menyalin Qs.Al Insyiroh dengan baik dan benar. - Menghafal Qs. Al Insyiroh dgn benar,fasih & lancar | V | V V | 80 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
8.2. Menyebutkan arti Qs. Al Insyiroh . | Siswa dapat : - Mengartikan Qs At Insyiroh. setiap suku kata dengan benar. - Mengartikan Qs At Insyiroh setiap kalimat dgn benar. - Mengartikan Qs At Insyiroh setiap ayat dengan benar | V V | V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
8.3. Mempraktekan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Alloh. | Siswa dapat : - Memperaktekan Qs Al Insyiroh ayat 7 dan 8 dalam kehidupan sehari-hari. - Bekerja keras .sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas dengan ikhlas di bidang apapun, kemudian apabila telah selesai baru pindah untuk melakukan pekerjaan lain dengan sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas dengan ikhlas pula. - Berjiwa tawakal jika telah selesai melakukan pekerjaan sehingga apabila berhasil tidak sombong dan jika gagal tidak putus asa . | | V V V | 70 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
9. | Al Hadits . Memahami Al Hadits tentang Kebersihan . | 9.1. Membaca Hadits tentang kebersihan. | Siswa dapat : - Membaca Hadits tentang kebersihan dgn benar, tartil dan lancar. - Menyalin Hadits tentang kebersihan dgn baik & benar - Menghafal Hadits tentang kebersihan dengan benar, fasih dan lancar. | V | V V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
9.2. Menyebutkan arti Hadits tentang kebersihan. | Siswa dapat : - Mengartikan Hadits tentang kebersihan, setiap suku kata dengan benar. - Mengartikan Hadits tentang kebersihan. setiap kalimat dengan benar. - Mengartikan Hadits tentang kebersihan secara keseluruhan dengan benar. | V V | V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
| | 9.3. Menampilakan perilaku bersih seperti dalam hadits, | Siswa dapat : - Menjelaskan makna yang terkandung dalam Hadits tentang menuntut Ilmu - Menerapkan ajaran yang terkandung dalam Hadits dalam kehidupan sehari-hari | V | V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
10. | Aqidah. Meningkatkan keimanan kepada Qodlo’ dan Qodar. | 10.1. Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada Qodlo’ dan Qodar. | Siswa dapat : - Menjelaskan pengertian Qodlo’ dan Qodar. - Menyebutkan ciri-ciri beriman kpd Qodlo’ dan Qodar. | V V | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
10.2. Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodar. | Siswa dapat : - Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodar - Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodar. - Menjelaskan perbedaan takdir mubrom dgn mualaq. | V V | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
10.3. Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodar dalam kehidupan sehari-hari. | Siswa dapat : - Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodar dalam kehidupan sehari-hari. - Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodar | V V | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
10.4. Menyebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’ dan Qodar | Siswa dapat : - Menyebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’ dan Qodar. - Membaca dan mengartikan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’ dan Qodar. - Menghafalkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’dan Qodar. | V | V V | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
11. | Ahlaq . Menghindari perilaku tercela. | 11.1. Menyebutkan pengertian takabur. | Siswa dapat : - Menjelaskan pengertian takabur. - Menyebutkan ciri-ciri takabur. - Menyebutkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil yang berkenaan dengan takabur. | V V | V | 80 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
11.2. Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur. | Siswa dapat : - Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari. - Menjelaskan bahaya atau akibat dari sikap takabur. | V V | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
| | 11.3. Menghindari perilaku takabur. | Siswa dapat : - Menjelaskan cara - cara menghindari sikap dan perilaku takabur. - Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan bermasyrakat. | | V | 80 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
12. | Fiqih. Memahami tata cara berbagai sholat sunnah. | 12.1. Menyebutkan pengertian berbagai sholat sunnah berjamaah dan munfarid. | Siswa dapat : - Menyebutkan pengertian berbagai sholat sunnah berjamaah dan munfarid. - Macam-macam sholat sunnah. berjamaah dan munfarid - Ketentuan dan waktu sholat sunnah berjamaah dan munfarid | V V V | | 70 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
12.2. Menyebutkan contoh sholat sunnah berjamaah dan munfarid. | Siswa dapt : - Menyebutkan sholat sunnah yang harus dikerjakan secara berjamaah. - Menyebutkan sholat sunnah yang dikerjakan secara munfarid - Menyebutkan sholat sunnah yang boleh dikerjakan secara berjamaah atau munfarid. | V V V | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti | ||
12.3. Mempraktikan sholat sunnah berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari | Siswa dapat : - Mempraktekan sholat sunnah berjamaah dan munfarid. - Membiasakan melakukan sholat sunnah dalam kehidupan sehari-hari | | V V | 70 | | ||
13 | Tarikh dan kebudayaan Islam. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara. | 13.1. Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam. | Siswa dapat: - Menyebutkan berbagai macan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam. - Menceritakan salah satu seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam. | | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
13.2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara . | Siswa dapat: - Mengapresiasikan terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara - Melakukan cara menghargai terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara. | | | 75 | Kerjasama Rasa Ingin Tahu Teliti |
Mengetahui : Kepala SMP Negeri I Bnejeng H. Muhammad Falach, S.Pd. M.Pd Nip. 195311111981021002 | Benjeng ……………2011 Guru Mata Pelajaran Drs. Amir Hamzah, M.Pd.I Nip. 132 202 102 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar