Senin, 24 Januari 2011

CONTOH PEMETAAN TERBARU

PEMERINTAH  DAERAH KABUPATEN GRESIK

DINAS  PENDIDIKAN

                                                              SMP  NEGERI  I BENJENG

Jl. Raya Dermo No 5, Telp/Fax 7991096, GRESIK 61172
Web site : smpn I benjeng.wordpress.com/Email: benjengsatu@yahoo.co.id



  PEMETAAN  SK, KD, INDIKATOR  DAN ASPEK PER SEMESTER
                                                                   Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
                                                                      Kelas                               : IX
 Semester    : Ganjil
Nomor

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Aspek

KKM

Nilai Karakter
Penguasaan Konsep
Penerapan
1.
Al Qur’an
Memahami ajaran
 Al Qur’an surat At Thin






1.1.          Membaca Qs .At Tin dengan tartil.


Siswa dapat :
-        Membaca Qs. At Tin dengan benar , Tartil    dan lancar.
-        Menyalin Qs.At Tin dengan  baik dan benar.
-        Menghafal Qs. AtTin  dengan benar,fasih dan lancar.



V

V


V

   75



Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

1.2.          Menyebutkan arti Qs.     
            At Tin. 
Siswa dapat :
-        Mengartikan Qs. At Tin  setiap suku kata dengan benar.
-        Mengartikan Qs. At Tin setiap kalimat dengan benar.
-        Mengartikan Qs. At Tin setiap ayat  dengan benar. 


V

V







V

   75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

1.3.          Menjelaskan makna 
            Qs. At Tin.
Siswa dapat :
-        Menjelaskan makna yang terkandung  dalam Qs. At Tin.
-        Menerapkan  ajaran yang terkandung dalam  Qs.
      At Tin  dalam  kehidupan  sehari-hari.
V



V

   75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

2.
AL HADITS
Memahami ajaran Al Hadits tentang menuntut Ilmu.



2.1.          Membaca Hadits tentang menuntut Ilmu.











Siswa dapat :
-        Membaca Hadits tentang menuntut Ilmu dengan benar, fasih dan lancar.
-        Menyalin Hadits tentang menuntut Ilmu dengan baik dan benar.
         









-     Menghafal Hadits tentang menuntut Ilmu dengan benar ,
-      
-      
-      fasih dan lancar





V



V





          V

   75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

2.2.          Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut Ilmu.
Siswa dapat :  
-        Mengartikan  Hadits tentang menuntut Ilmu  setiap suku kata dengan benar.
-        Mengartikan Hadits tentang menuntut Ilmu  setiap kalimat dengan benar.
-        Mengartikan  Hadits tentang menuntut Ilmu  secara keseluruhan.


V

V





V

   70
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

2.3.          Menyebutkan makna Hadits tentang menuntut Ilmu.
Siswa dapat :
-        Menjelaskan makna yang terkandung  dalam. Hadits tentang menuntut Ilmu
-        Menerapkan  ajaran yang terkandung  dalam  Hadits dalam kehidupan sehari-hari .

V



V

   80
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

3.
Aqidah.
Meningkatkan keimanan kepada hari akhir
3.1.          Menjelaskan pengertian  
            beriman kepada hari akhir
Siswa dapat :
-        Menjelaskanpengertian hari qiyamat.
-        Menjelaskan peristiwa sesudah hari qiamat.
-        Menjelaskan  fungsi beriman kepada hari qiyamat.
-        Menjelaskan balasan amal yang baik dan  amal yang buruk.

V
V
V
V



   80
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

3.2.          Menyebutkan ayat qur’an 
            yang berkaitan dengan
            hari qiyamat.







Siswa dapat :
-        Menyebutkan Qs. Al Haj:7, Ar.Rahman: 26-27, Al Zalzalah: 6,7,8. Al. Anbiyak: 47. Al.Qoriah:1-11. Al Ghosiyah: 2-7.
-        Membaca  Qs. Al Haj:7, Ar.Rahman: 26-27, Al Zalzalah: 6,7,8. Al. Anbiyak: 47. Al.Qoriah:1-11. Al Ghosiyah: 2-7.
-        Menghafal Qs. Al Haj:7, Ar.Rahman: 26-27, Al Zalzalah: 6,7,8. Al. Anbiyak: 47. Al.Qoriah:1-11. Al Ghosiyah: 2-7



V







V


V

   70
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

3.3.  Menceritakan proses kejadian
        qiyamat sughro dankubro seperti yang terkandung dalam Al Qur’an dan Al Hadits.
Siswa dapat :
-        menjelaskan proses kejadian qiyamat sughro dan kubro.
-        Menunjukkan contoh  mana yang termasuk qiyamat sughro dan qiyamat kubro.
-        Menunjukkan ayat Al Qur’a dan hadits yang berkaitan dengan peristiwa qiyamat suhgro dan kubro.

V


V


   75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

4.
Akhlaq .
Membiasakan perilaku terpuji .
4.1. Mejelaskan pengertianQonaah
       dan Tasamuh .
Siswa dapat :
-        Menjelaskan pengertian Qonaah.
-        Menjelaskan pengertian Tasamuh (toleransi )
-        Menunjukan, membaca,mengartikan dan menghafal dalil naqli tentang qonaah dan tasamuh

V
V




V

   80
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

4.2. Menampilkan contoh perilaku
       Qonaah dan Tasamuh
Siswa dapat :
-        Menunjukkan contoh perilaku  atau sikapQonaah.
-        Menunjukkan contoh perilaku atau sikap tasamuh.
-        Menjelaskan fungsi qonaah dan tasamuh      

V
V
V


   75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

4.3. Membiasakan perilaku Qonaah
       dan Tasamuh dalam kehidupan
       sehari-hari.
Siswa dapat :
-        Mempraktekkan perilaku Qonaah dalam kehidupan sehari-hari.
-        Mempraktekkan perilaku Tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.



V

V

   70
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

5.
Fiqih
Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan.
5.1. Menjelaskan tata cara
       penyembelihan hewan.
Siwa dapat :
-        Menyebutkan syarat orang yang sah  menyembelih 
-        Menyebutkan syarat binatang yang disembelih.
-        Menyebutkan  syarat  alat yang  boleh digunakan untuk menyembelih hewan.
-        Menyebutkan sunnah dalam menyembelih hewan

V

V
V
V


   75


      

Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

5.2. Menyebutkan ketentuan
       aqiqah dan kurban.
Siswa dapat :
-        Menjelaskan pengertian aqiqah dan kurban.
-        Menjelaskan hukum dan syarat  aqiqoh dan kurban.
-        Menjelaskan ketentuan dan waktu aqiqah dan kurban.
-        Menyebutkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil aqiqah.
-        Menjelaskan fungsi aqiqoh dan kurban

V
V
V

V

V





V

   75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

5.3. Memperagakan cara
       penyembelihan hewan aqiqah
       dan hewan kurban.
Siswa dapat :
-        Mempraktekkan cara memyembelih hewan aqiqah dan hewan kurban.


V

   75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

6.
Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah
6.1  Menyebutkan pengertian dan ketentuan Haji dan Umrah.
Siswa dapat :
-        Menjelaskan pengertian dan hukum Haji.
-        Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Haji.
-        Menyebutkan larangan-laranganm selama ibadah Haji.
-        Menjelaskan macam-macam cara  mengerjakan Haji
-        Menunjukan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli  Haji

V
V
V


   75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

Siswa dapat :
-        Menjelaskan pengertian dan hukum Unroh..
-        Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Umroh..
-        Menyebutkan larangan-larangan selama ibadah  Umroh.
-        Menunjukan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli  Haji

V
V

V






V

   75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

6.2    Memperagakan pelaksanaan Ibadah Haji dan Umroh.
Siswa dapat :
-        Memperagakan  pelaksanaan Ibadah Haji.
-        Memperagakan pelaksanaan Ibadah  Umroh.


V
V

   75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

7.
Tarikh dan kebudayaan Islam.
Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
7.1. Menceritakan sejarah masuknya Islam di nusantara melalui perdagangan, sosial dan pengajaran.
Siswa dapat:
-        Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui perdagangan
-        Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui sosial.
-        Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui pengajaran.

V

V

V


   75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

7.2. Menceritakan sejarah
        beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi.
Siswa dapat :
-        Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa.
-        Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sumatra .
-        Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sulawesi .

V

V

V


  75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti


Semester     : Genap

Nomor

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator
Aspek


KKM

Nilai Karakter
Penguasaan Konsep
Penerapan
8.
Al Qur’an
Membaca Al Qur’an Surat Al Insyiroh.

8.1. Menampilkan bacan Qs.
       Al Insyiroh dengan tartil dan benar.
Siswa dapat :
-     Membaca Qs. Al Insyiroh dgn benar, Tartil dan lancar
-     Menyalin Qs.Al Insyiroh dengan  baik dan benar.
-     Menghafal Qs. Al Insyiroh  dgn benar,fasih & lancar


V

V

V

       80
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

8.2. Menyebutkan arti Qs. Al Insyiroh .
Siswa dapat :
-    Mengartikan Qs At Insyiroh. setiap suku kata dengan benar.
-    Mengartikan Qs At Insyiroh setiap kalimat dgn benar.
-    Mengartikan Qs At Insyiroh setiap ayat  dengan benar 

V

V




V

75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

8.3. Mempraktekan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Alloh.
Siswa dapat :
-     Memperaktekan Qs Al Insyiroh ayat 7 dan 8 dalam kehidupan sehari-hari.
-     Bekerja keras .sungguh-sungguh dan disiplin  sampai tuntas dengan ikhlas di  bidang apapun, kemudian apabila  telah selesai  baru pindah untuk melakukan  pekerjaan lain dengan sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas  dengan ikhlas pula.
-     Berjiwa tawakal jika telah selesai melakukan pekerjaan  sehingga apabila berhasil tidak sombong dan jika gagal tidak putus asa .









V

V





V


70
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

9.





Al Hadits .
Memahami Al Hadits tentang Kebersihan .







9.1. Membaca Hadits tentang kebersihan.
Siswa dapat :
-     Membaca Hadits tentang kebersihan dgn benar, tartil dan lancar.
-     Menyalin Hadits tentang kebersihan dgn  baik & benar
-     Menghafal Hadits tentang kebersihan dengan benar, fasih dan lancar.



V

V



V

75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

9.2. Menyebutkan arti Hadits tentang kebersihan.





Siswa dapat :
-    Mengartikan Hadits tentang kebersihan, setiap suku kata dengan benar.
-    Mengartikan Hadits tentang kebersihan. setiap kalimat dengan benar.
-    Mengartikan Hadits tentang kebersihan secara keseluruhan  dengan benar. 

V

V





V

   75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti



9.3. Menampilakan perilaku bersih seperti dalam hadits,
Siswa dapat :
-     Menjelaskan makna yang terkandung  dalam Hadits tentang menuntut Ilmu
-   Menerapkan  ajaran yang terkandung  dalam  Hadits
  dalam kehidupan sehari-hari

V



V

  75

Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

10.
Aqidah.
Meningkatkan keimanan kepada Qodlo’ dan Qodar.
10.1. Menyebutkan ciri-ciri  beriman kepada Qodlo’ dan  Qodar.
Siswa dapat : 
-     Menjelaskan pengertian Qodlo’ dan Qodar.
-     Menyebutkan ciri-ciri beriman kpd Qodlo’ dan Qodar.                                                      

V
V

  
  75

Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

10.2. Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodar.


Siswa dapat : 
-     Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodar
-     Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodar.
-     Menjelaskan perbedaan  takdir mubrom  dgn  mualaq.

V

V

 
  75

Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

10.3. Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodar  dalam kehidupan sehari-hari.
 Siswa dapat :
-     Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodar     dalam kehidupan sehari-hari.
-      Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodar

V

V


  75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

10.4. Menyebutkan ayat-ayat
           Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’ dan Qodar
Siswa dapat :
-     Menyebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’ dan Qodar.
-      Membaca  dan mengartikan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’ dan Qodar.
-     Menghafalkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’dan Qodar.

V





V

V


75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

11.
Ahlaq .
Menghindari perilaku tercela.
11.1. Menyebutkan pengertian takabur.
   Siswa dapat :
-     Menjelaskan pengertian takabur.
-     Menyebutkan ciri-ciri takabur.
-     Menyebutkan, membaca, mengartikan dan menghafal  dalil yang berkenaan dengan  takabur.

V
V




V

80

Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

11.2. Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur.
   Siswa dapat :
-     Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur dalam kehidupan  sehari-hari.
-     Menjelaskan bahaya atau akibat dari  sikap takabur.

V

V


75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti



11.3. Menghindari perilaku  takabur.
    Siswa dapat :
-   Menjelaskan cara - cara menghindari sikap dan  perilaku takabur.
-     Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan bermasyrakat.


V

80
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

12.
Fiqih.
Memahami tata cara berbagai sholat sunnah.

12.1. Menyebutkan pengertian berbagai sholat sunnah berjamaah  dan munfarid.
    Siswa dapat :
-     Menyebutkan pengertian berbagai sholat sunnah berjamaah  dan munfarid. 
-     Macam-macam  sholat sunnah. berjamaah  dan munfarid
-     Ketentuan dan waktu  sholat sunnah berjamaah  dan munfarid

V

V

V


70

Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

12.2. Menyebutkan contoh sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
Siswa dapt :
-     Menyebutkan sholat sunnah yang harus dikerjakan secara berjamaah.
-     Menyebutkan sholat sunnah yang  dikerjakan secara munfarid
-     Menyebutkan sholat sunnah yang boleh dikerjakan secara berjamaah atau munfarid.

V

V

V

 
  75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

12.3. Mempraktikan sholat sunnah berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat :
-      Mempraktekan sholat sunnah berjamaah dan  
     munfarid.
-      Membiasakan melakukan sholat sunnah dalam
     kehidupan sehari-hari


V

V

70

13
Tarikh dan kebudayaan Islam.
Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara.
13.1. Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
Siswa dapat:
-     Menyebutkan berbagai macan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
-     Menceritakan salah satu seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam. 



75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti

13.2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi  dan upacara  adat kesukuan  Nusantara .
Siswa dapat:
-     Mengapresiasikan terhadap tradisi dan  upacara  adat kesukuan  Nusantara
-     Melakukan cara menghargai terhadap tradisi  dan upacara  adat kesukuan  Nusantara.



75
Kerjasama
Rasa Ingin Tahu
Teliti


                  Mengetahui :  
                  Kepala SMP Negeri  I Bnejeng


         H. Muhammad Falach, S.Pd. M.Pd
         Nip. 195311111981021002   
                                                                                                      Benjeng ……………2011
                                                                                                      Guru Mata Pelajaran


                                                                                                      Drs. Amir Hamzah, M.Pd.I
                                                                                                      Nip. 132 202 102

Tidak ada komentar:

Posting Komentar