Rabu, 19 Januari 2011

CONTOH RPP TERBARU PAI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN      

Sekolah                            : SMP Negeri I Bnjeng
Mata Pelajaran                 : PAI
Kelas / Semester              : 9 / Ganjil
Alokasi Waktu                  : 3 x Pertemuan  ( 6 jam pelajaran)
Setandar Kompetensi      :1. Memahami ajaran Al Qur’an surat At Tin.
Kompetensi Dasar           :1.1.  Membaca Qs.At Tin dengan tartil
  1.2. Menyebutkan  Qs.At Tin.
1,3. Menjelaskan makna Qs At Tin
 


  1. Tujuan Pembelajarn         :
Setelah mempelajari  dan menerima penjelasan dari guru melalui diskusi dan tutor sebaya  tentang Memahami ajaran Al Qur’an surat At Tin, siswa mampu :
1.     Membaca Qs. At Tin dengan benar , Tartil  dan lancar.
2.     Menyalin Qs.At Tin dengan  baik dan benar.
3.     Menghafal Qs. AtTin  dengan benar,fasih dan lancar.
4.     Mengartikan Qs. At Tin  setiap suku kata dengan benar.
5.     Mengartikan Qs. At Tin setiap kalimat dengan benar.
6.     Mengartikan Qs. At Tin setiap ayat. 
7.     Menjelaskan makna yang terkandung  dalam Qs At Tin .
8.     Menerapkan  ajaran yang terkandung dalam  Qs. At Tin   dalam  kehidupan 
     sehari-hari.
  1. Materi Pokok                   :   1. Bacaan Qs. At Tin
2. Tulisan Qs. At Tin
3. Arti setiap suku kata, tiap kalimat dan tiap ayat
4. Makna yang terkandung dalam surat At Tin
C.                                                                                                Model/Metode Pembelajaran:Pemodelan, ceramah, diskusi, demonstrasi, inquiri
  1. Kegiatan Pembelajaran    :
 Pertemuan pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
a.     Guru menyiapkan psikis dan fisik siswa dengan mengajak siswa membaca10 ayat al- Qur’an
b.     Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran.
c.     Guru mengadakan Pre Test

10 menit




-  Pemodelan


2










Kegiatan Inti
Eksplorasi:
  • anak anak dibentuk menjadi beberapa kelompok
  • guru memberi tugas atau memerintahkan kepada masing-masing kelompok
1.   Membaca Qs. At Tin dengan benar , Tartil  dan lancar.
2.   Menyalin Qs.At Tin dengan  baik dan benar.
3.   Menghafal Qs. AtTin  dengan benar,fasih dan lancar.
  • guru menugaskan masing-masing kelompok untuk mendiskusikan tentang bacaan surat At Tin dengan benar , Tartil  dan lancar.
Elaborasi :  
a.     Secara kelompok siswa membaca, menyalin dan menghafal  bacaan Qa. At Tin
b.     Secara individu dalam kelompok siswa membaca, menyalin dan menghafal  bacaan Qa. At Tin secara bergantian
c.     guru mengawasi dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan
d.     guru memfasilitasi (tanya jawab) antara kelompok atau siswa yang mempresentasikan dengan kelompok lain.
e.     Guru memberikan Penjelasan  arti membaca Qs At Tin  dengan benar sesuai dengan hukum tajwid.
Konfirmasi :
  • siswa membaca, menyalin dan menghafal  bacaan Qa. At Tin secara bergantian
·     Guru memberi penilaian  terhadap masing-masing individu dalam kelompok.

60 menit


-  Inquiri

-  penilaian




-  Ceramah

3
Penutup
·   Guru mengajak siswa menyimpulkan pembahasan materi tentang membaca, menyalin dan menghafal  bacaan Qa. At Tin
·   Guru memberi pesan moral tentang pentingnya membaca, menyalin dan menghafal  bacaan Qa. At Tin dengan baik dan benar
·   Guru memberi tugas untuk menghafal Qur’an Surat At Tin sebgai tugas Tidak Terstruktur
10 menit

-  Refleksi

-  Penugasan.

      Pertemuan ke dua.
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



a.     Guru menyiapkan psikis dan fisik siswa dengan mengajak siswa 10 ayat al- Qur’an
b.     Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran.
c.     Guru mengadakan Pre Test

10 menit




-  Pemodelan



2
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
  • anak anak dibentuk menjadi beberapa kelompok
  • guru memberi tugas atau memerintahkan kepada masing-masing kelompok
1.   Carilah arti Qs. At Tin  setiap suku kata dengan benar.
2.   Carilah arti Qs. At Tin setiap kalimat dengan benar.
3.   Carilah arti Qs. At Tin setiap ayat.
  • guru menugaskan masing-masing kelompok untuk mendiskusikan tentang arti setiap suku kata, setiap kalimat, dan setiap ayat.
Elaborasi :  
f.      Secara kelompok siswa mencari arti suku kata, arti per kalimat dan arti per ayat surat At Tin
g.     Secara individu dalam kelompok siswa mencari arti suku kata, arti per kalimat dan arti per ayat surat At Tin secara bergantian
h.     guru mengawasi dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan
i.       guru memfasilitasi (tanya jawab) antara kelompok atau siswa yang mempresentasikan dengan kelompok lain.
j.       Guru memberikan Penjelasan  arti per kalimat dan arti per ayat surat At Tin
Konfirmasi :
  • siswa mengartikan surat At Tin per suku kata, per kalimat dan arti per ayat secara bergantian
  • Guru memberi penilaian  terhadap masing-masing individu dalam kelompok
60 Menit


-  Inquiri

-  Penilaian





-  Ceramah

3
Penutup
·     Guru mengajak siswa menyimpulkan pembahasan materi tentang arti suku kata, arti per kalimat dan arti per ayat surat At Tin
·   Guru memberi pesan moral tentang pentingnya mengartikansurat At Tin ayat 1 -8 dengan baik dan benar
·   Guru memberi tugas untuk mengerjakan LKS untuk dibahas minggu depan. .
               
10 Menit

-  Refleksi

-  Penugasan.



        Pertemuan ke tiga
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
a.  Guru menyiapkan psikis dan fisik siswa dengan mengajak siswa membaca10 ayat al- Qur’an
b.  Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran.
c.   Guru mengadakan Pre Test

10 menit




-  Pemodelan



2
Eksplorasi:
  • anak anak dibentuk menjadi beberapa kelompok
  • guru memberi tugas atau memerintahkan kepada masing-masing kelompok
1.   Carilah makna yang terkandung  dalam Qs At Tin pada Qur’an terjemah
2.   Menerapkan  ajaran yang terkandung dalam  Qs. At Tin   dalam  kehidupan 
    sehari-hari.
  • guru menugaskan masing-masing kelompok untuk mendiskusikan tentang kandungan surat At tin.
Elaborasi :  
a.     Secara kelompok siswa mencari makna yang terkandung  dalam Qs At Tin
b.     Secara individu dalam kelompok siswa mencari makna yang terkandung  dalam Qs At Tin
c.     guru mengawasi dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan
d.     guru memfasilitasi (tanya jawab) antara kelompok atau siswa yang mempresentasikan dengan kelompok lain.
e.     Guru memberikan Penjelasan  kandungan Qs At Tin  dengan benar
Konfirmasi :
  • siswa menjelaskan kandungan  surat At Tin secara bergantian
  • siswa menerapkan  ajaran yang terkandung dalam  Qs. At Tin   dalam  kehidupan  sehari-hari
  • Guru memberi penilaian  terhadap masing-masing individu dalam kelompok
60 Menit




-  Penilaian




3
Penutup
·     Guru mengajak siswa menyimpulkan kandungan surat At Tin
·   Guru memberi pesan moral tentang pentingnya mengamalkan kandgan surat At Tin ayat 1 -8 dalam kehidupan sehari-hari
·  Guru memberi tugas SK/KD berikutnya..               
10 Menit

-  Refleksi

-  Penugasan.
   
     E,  Sumber Belajar/Media  :
·     Al Qur’an Terjemah Depag.
·     Buku Tajwid ( Al Fatih )
·      Buku PAI kelas IX penerbit airlangga dan Tiga Serangkai

     F.  Penilaian

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.   Membaca Qs. At Tin dengan benar , Tartil  dan lancar.
2.   Menyalin Qs.At Tin dengan  baik dan benar.
3.   Menghafal Qs. AtTin  dengan benar,fasih dan lancar.
4.   Mengartikan Qs. At Tin  setiap suku kata dengan benar.
5.   Mengartikan Qs. At Tin setiap kalimat dengan benar.
6.   Mengartikan Qs. At Tin setiap ayat. 
7.   Menjelaskan makna yang terkandung  dalam Qs At Tin .
8.   Menerapkan  ajaran yang terkandung dalam  Qs. At Tin   dalam  kehidupan  sehari-hari.
tes tertulis, tes lisan, tes kinerja.
Soal jenis uraian
Tanya jawab singkat dan pilihan ganda

1.   Bacalah surat At Tin dengan tartil

2.   Salinlah surat At tin dalam buku tulismu

3.   Hafalkan surat At Tin dengan benar

4.  Terjemahkan surat At Tin tiap suku kata
5.  Terjemahkan surat At Tin tiap kalimat
6.  Terjemahkan surat At Tin tiap ayat
7.  Jelaskan makna yang terkandung dalam surat At Tin
8.  Amalkanlah kandungan surat At Tin dalam kehidupan keseharianmu

Soal ulangan tulis         :        
     Pilihan Ganda
1.   Wahaadzal baladil amiin, bila ditulis dengan huruf arab adalah…
a.   وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِي                                     c.   وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِنِ
b. وَهَذَ الْبَلَدِ الْأَمِين                                       d   وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِينِ    
2.     لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ  Ayat tersebut artinya…
a.        Sungguh  kami telah menciptakan manusia melebihi makhluk yang lain.
b.    Sungguh  kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
c.     Sungguh  kami telah menciptakan manusia yang memiliki akal saja
d     Sungguh  kami telah menciptakan manusia yang memiliki hati nurani.
3.   وَطُورِ سِينِينَ   Adalah tempat…
a.     Tumbuhnya buah zaitun di Baitul Maqdis.
b.    Kota yang aman, tempat turubbya al-Qur’an
c.     Nabi Musa As menerima wahyu
d.Tumbuhnya buah Tin di Palestina.
4.           ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ  Hukum membaca dal mati pada ayat tersebut adalah…
a.     Ikhfa’                                                        c. Qolqolah sughroh.
b.    Izhar khalqi                                               d. Qolqolah kubroh.
5.       Allah menerangkan bahwa manusia yang menyimpang dan tidak menggunakan potensinya untuk beribadah, akan ditempatkan pada neraka yang paling bawa. Keteranga tersebut adalah kesimpula dari surat At Tin ayat...
a.        5 dan 6                                                      c. 7 dan 8
b.        1 dan 2                                                      d. 3 dan 4
6.           Huruf ro pada kalimat وَطُورِ سِينِينَ  dibaca...
a.        Tafkim                                                      c. tarqiq
b.       Tasdiq                                                       d. taqrib.
7.           فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ   hukum bacaan pada ayat yang digaris bawai adalah…
a.        Mad thobi’I                                               c. Mad arid lissukun
b.        Mad                                                          d. Mad jaiz munfasil
        8. سَافِلِينَ    Ayat tersebut artinya…
a. Sungguh  kami telah menciptakan manusia melebihi makhluk yang lain.
b. Sungguh  kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
c. Kemudian kami kembalikan dalam bentuk yang sejelek-jeleknya.
d. Sungguh  kami telah menciptakan manusia yang memiliki hati nurani
9. وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِين Adalah tempat…
a.    Tumbuhnya buah zaitun di Baitul Maqdis.
b.   Kota yang aman, tempat turubbya al-Qur’an
c.    Nabi Musa As menerima wahyu
d. Tumbuhnya buah Tin di Palestina.

10 لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ
Hukum membaca dal mati pada ayat tersebut adalah…
a.    Ikhfa’                                                          c. Qolqolah sughroh.
b. Izhar khalqi d.                                             D.  Qolqolah kubroh

Tugas.
       - Carilah contoh bacaan bacaan   Idghom Mutamasilain, Idghom  mutajanisain dan Idghom mutaqorbain. Dalam ayat Al Qur’an. 




         Mengetahui :
         Kepala SMP Negeri 1 Benjeng





         H. Muhammad Falach, S.Pd. M.Pd
         Nip. 195311111981021002   

          Benjeng,   
           Guru Mata Pelajaran





           Drs. Amir Hamzah, M.Pd.I.
           Nip. 132 202 102

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar