RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri I Bnjeng
Mata Pelajaran : PAI
Kelas / Semester : 9 / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x Pertemuan ( 6 jam pelajaran)
Setandar Kompetensi :1. Memahami ajaran Al Qur’an surat At Tin.
Kompetensi Dasar :1.1. Membaca Qs.At Tin dengan tartil
1.2. Menyebutkan Qs.At Tin.
1,3. Menjelaskan makna Qs At Tin
- Tujuan Pembelajarn :
Setelah mempelajari dan menerima penjelasan dari guru melalui diskusi dan tutor sebaya tentang Memahami ajaran Al Qur’an surat At Tin, siswa mampu :
1. Membaca Qs. At Tin dengan benar , Tartil dan lancar.
2. Menyalin Qs.At Tin dengan baik dan benar.
3. Menghafal Qs. AtTin dengan benar,fasih dan lancar.
4. Mengartikan Qs. At Tin setiap suku kata dengan benar.
5. Mengartikan Qs. At Tin setiap kalimat dengan benar.
6. Mengartikan Qs. At Tin setiap ayat.
7. Menjelaskan makna yang terkandung dalam Qs At Tin .
8. Menerapkan ajaran yang terkandung dalam Qs. At Tin dalam kehidupan
sehari-hari.
- Materi Pokok : 1. Bacaan Qs. At Tin
2. Tulisan Qs. At Tin
3. Arti setiap suku kata, tiap kalimat dan tiap ayat
4. Makna yang terkandung dalam surat At Tin
C. Model/Metode Pembelajaran:Pemodelan, ceramah, diskusi, demonstrasi, inquiri
- Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan pertama
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Pendahuluan a. Guru menyiapkan psikis dan fisik siswa dengan mengajak siswa membaca10 ayat al- Qur’an b. Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran. c. Guru mengadakan Pre Test | 10 menit | - Pemodelan |
2 | Kegiatan Inti Eksplorasi:
1. Membaca Qs. At Tin dengan benar , Tartil dan lancar. 2. Menyalin Qs.At Tin dengan baik dan benar. 3. Menghafal Qs. AtTin dengan benar,fasih dan lancar.
Elaborasi : a. Secara kelompok siswa membaca, menyalin dan menghafal bacaan Qa. At Tin b. Secara individu dalam kelompok siswa membaca, menyalin dan menghafal bacaan Qa. At Tin secara bergantian c. guru mengawasi dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan d. guru memfasilitasi (tanya jawab) antara kelompok atau siswa yang mempresentasikan dengan kelompok lain. e. Guru memberikan Penjelasan arti membaca Qs At Tin dengan benar sesuai dengan hukum tajwid. Konfirmasi :
· Guru memberi penilaian terhadap masing-masing individu dalam kelompok. | 60 menit | - Inquiri - penilaian - Ceramah |
3 | Penutup · Guru mengajak siswa menyimpulkan pembahasan materi tentang membaca, menyalin dan menghafal bacaan Qa. At Tin · Guru memberi pesan moral tentang pentingnya membaca, menyalin dan menghafal bacaan Qa. At Tin dengan baik dan benar · Guru memberi tugas untuk menghafal Qur’an Surat At Tin sebgai tugas Tidak Terstruktur | 10 menit | - Refleksi - Penugasan. |
Pertemuan ke dua.
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | a. Guru menyiapkan psikis dan fisik siswa dengan mengajak siswa 10 ayat al- Qur’an b. Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran. c. Guru mengadakan Pre Test | 10 menit | - Pemodelan |
2 | Kegiatan Inti Eksplorasi:
1. Carilah arti Qs. At Tin setiap suku kata dengan benar. 2. Carilah arti Qs. At Tin setiap kalimat dengan benar. 3. Carilah arti Qs. At Tin setiap ayat.
Elaborasi : f. Secara kelompok siswa mencari arti suku kata, arti per kalimat dan arti per ayat surat At Tin g. Secara individu dalam kelompok siswa mencari arti suku kata, arti per kalimat dan arti per ayat surat At Tin secara bergantian h. guru mengawasi dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan i. guru memfasilitasi (tanya jawab) antara kelompok atau siswa yang mempresentasikan dengan kelompok lain. j. Guru memberikan Penjelasan arti per kalimat dan arti per ayat surat At Tin Konfirmasi :
| 60 Menit | - Inquiri - Penilaian - Ceramah |
3 | Penutup · Guru mengajak siswa menyimpulkan pembahasan materi tentang arti suku kata, arti per kalimat dan arti per ayat surat At Tin · Guru memberi pesan moral tentang pentingnya mengartikansurat At Tin ayat 1 -8 dengan baik dan benar · Guru memberi tugas untuk mengerjakan LKS untuk dibahas minggu depan. . | 10 Menit | - Refleksi - Penugasan. |
Pertemuan ke tiga
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Pendahuluan a. Guru menyiapkan psikis dan fisik siswa dengan mengajak siswa membaca10 ayat al- Qur’an b. Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran. c. Guru mengadakan Pre Test | 10 menit | - Pemodelan |
2 | Eksplorasi:
1. Carilah makna yang terkandung dalam Qs At Tin pada Qur’an terjemah 2. Menerapkan ajaran yang terkandung dalam Qs. At Tin dalam kehidupan sehari-hari.
Elaborasi : a. Secara kelompok siswa mencari makna yang terkandung dalam Qs At Tin b. Secara individu dalam kelompok siswa mencari makna yang terkandung dalam Qs At Tin c. guru mengawasi dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan d. guru memfasilitasi (tanya jawab) antara kelompok atau siswa yang mempresentasikan dengan kelompok lain. e. Guru memberikan Penjelasan kandungan Qs At Tin dengan benar Konfirmasi :
| 60 Menit | - Penilaian |
3 | Penutup · Guru mengajak siswa menyimpulkan kandungan surat At Tin · Guru memberi pesan moral tentang pentingnya mengamalkan kandgan surat At Tin ayat 1 -8 dalam kehidupan sehari-hari · Guru memberi tugas SK/KD berikutnya.. | 10 Menit | - Refleksi - Penugasan. |
E, Sumber Belajar/Media :
· Al Qur’an Terjemah Depag.
· Buku Tajwid ( Al Fatih )
· Buku PAI kelas IX penerbit airlangga dan Tiga Serangkai
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
1. Membaca Qs. At Tin dengan benar , Tartil dan lancar. 2. Menyalin Qs.At Tin dengan baik dan benar. 3. Menghafal Qs. AtTin dengan benar,fasih dan lancar. 4. Mengartikan Qs. At Tin setiap suku kata dengan benar. 5. Mengartikan Qs. At Tin setiap kalimat dengan benar. 6. Mengartikan Qs. At Tin setiap ayat. 7. Menjelaskan makna yang terkandung dalam Qs At Tin . 8. Menerapkan ajaran yang terkandung dalam Qs. At Tin dalam kehidupan sehari-hari. | tes tertulis, tes lisan, tes kinerja. | Soal jenis uraian Tanya jawab singkat dan pilihan ganda | 1. Bacalah surat At Tin dengan tartil 2. Salinlah surat At tin dalam buku tulismu 3. Hafalkan surat At Tin dengan benar 4. Terjemahkan surat At Tin tiap suku kata 5. Terjemahkan surat At Tin tiap kalimat 6. Terjemahkan surat At Tin tiap ayat 7. Jelaskan makna yang terkandung dalam surat At Tin 8. Amalkanlah kandungan surat At Tin dalam kehidupan keseharianmu |
Soal ulangan tulis :
Pilihan Ganda
1. Wahaadzal baladil amiin, bila ditulis dengan huruf arab adalah…
a. وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِي c. وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِنِ
b. وَهَذَ الْبَلَدِ الْأَمِين d وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِينِ
2. لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ Ayat tersebut artinya…
a. Sungguh kami telah menciptakan manusia melebihi makhluk yang lain.
b. Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
c. Sungguh kami telah menciptakan manusia yang memiliki akal saja
d Sungguh kami telah menciptakan manusia yang memiliki hati nurani.
3. وَطُورِ سِينِينَ Adalah tempat…
a. Tumbuhnya buah zaitun di Baitul Maqdis.
b. Kota yang aman, tempat turubbya al-Qur’an
c. Nabi Musa As menerima wahyu
d.Tumbuhnya buah Tin di Palestina.
4. ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ Hukum membaca dal mati pada ayat tersebut adalah…
a. Ikhfa’ c. Qolqolah sughroh.
b. Izhar khalqi d. Qolqolah kubroh.
5. Allah menerangkan bahwa manusia yang menyimpang dan tidak menggunakan potensinya untuk beribadah, akan ditempatkan pada neraka yang paling bawa. Keteranga tersebut adalah kesimpula dari surat At Tin ayat...
a. 5 dan 6 c. 7 dan 8
b. 1 dan 2 d. 3 dan 4
6. Huruf ro pada kalimat وَطُورِ سِينِينَ dibaca...
a. Tafkim c. tarqiq
b. Tasdiq d. taqrib.
7. فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ hukum bacaan pada ayat yang digaris bawai adalah…
a. Mad thobi’I c. Mad arid lissukun
b. Mad d. Mad jaiz munfasil
8. سَافِلِينَ Ayat tersebut artinya…
a. Sungguh kami telah menciptakan manusia melebihi makhluk yang lain.
b. Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
c. Kemudian kami kembalikan dalam bentuk yang sejelek-jeleknya.
d. Sungguh kami telah menciptakan manusia yang memiliki hati nurani
9. وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِين Adalah tempat…
a. Tumbuhnya buah zaitun di Baitul Maqdis.
b. Kota yang aman, tempat turubbya al-Qur’an
c. Nabi Musa As menerima wahyu
d. Tumbuhnya buah Tin di Palestina.
10 لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ
Hukum membaca dal mati pada ayat tersebut adalah…
a. Ikhfa’ c. Qolqolah sughroh.
b. Izhar khalqi d. D. Qolqolah kubroh
Tugas.
- Carilah contoh bacaan bacaan Idghom Mutamasilain, Idghom mutajanisain dan Idghom mutaqorbain. Dalam ayat Al Qur’an.
Mengetahui : Kepala SMP Negeri 1 Benjeng H. Muhammad Falach, S.Pd. M.Pd Nip. 195311111981021002 | Benjeng, Guru Mata Pelajaran Drs. Amir Hamzah, M.Pd.I. Nip. 132 202 102 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar